Senin, 02 Januari 2023

Cara mengetahui Apakah Hardisk Rusak atau tidak

Posted by Ariyadi on Senin, 02 Januari 2023



Jika hardisk sobat sudah tidak berfungsi dengan baik, maka data-data penting sobat bisa hilang. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya sobat mengetahui cara memperbaiki hardisk rusak dengan mudah agar data penting sobat tetap bisa diselamatkan.

Bagaimana Cara mengetahui Apakah Hardisk sobat Rusak atau tidak?

Hardisk yang rusak dapat menyebabkan data-data penting yang sobat miliki hilang. Hal terburuk yang akan terjadi, sobat tidak akan bisa mengakses Windows/Linux/MacOS sebagai sistem operasi yang digunakan. Apalagi kalau yang mengalami kerusakan tersebut adalah partisi yang menyimpan file sistem operasi. Hal ini menjadikan laptop sobat tidak dapat digunakan sama sekali.


Baca Juga :  Printer Epson Lampu Merah Berkedip-Kedip


Namun, jika terjadi kendala pada laptop sobat, tidak semuanya disebabkan oleh hardisk yang mengalami kerusakan. Sebab itu, sobat perlu cek hardisk laptop tersebut apakah mengalami kerusakan atau tidak, sehingga laptop Anda tidak dapat digunakan. 

Terdapat beberapa cara untuk cek hardisk rusak atau tidak, mulai dari menggunakan CHKDSK bagi pengguna Windows, hingga menggunakan software pihak ketiga. 

Sebelum melakukan pengecekan, pastikan semua data sudah di back up terlebih dahulu ke hardisk lain. Umumnya tidak akan terjadi apa-apa jika hardisk tidak bermasalah. Namun, demi keamanan ada baiknya back up data terlebih dahulu. Berikut cara mengecek apakah hardisk sobat mengalami kerusakan atau tidak.

1. Tes Hardisk Rusak Menggunakan CHKDSK

Buka Command Prompt ketik perintah: CHKDSK D:

Perintah tersebut akan menjalankan CHKDSK pada Drive D dalam mode read-only.

Ketikkan perintah: CHKDSK D:/F

Perintah tersebut digunakan untuk merepair error tanpa melakukan scanning bad sector.


Baca Juga : Cara Mempercepat Loading Windows


Ketikkan perintah: CHKDSK D:/R

Perintah tersebut digunakan untuk merepair error, menemukan bad sector dan me-recover data.

Previous
« Prev Post